Harga Cabe Naik, Hewan Ini Penyebabnya

Harga Cabe Naik, Hewan Ini Penyebabnya
Harga cabe mulai naik, hal ini disebabkan oleh cabe yang cepat membusuk (Instagram/jukonusantara)

Terkini.id, Kediri – Harga cabe mulai naik, hal ini disebabkan oleh cabe yang cepat membusuk. 14 Maret 2020.

Cabe yang merupakan bahan pokok pada masakan, kini perlahan-lahan menjadi naik. Hal ini disebabkan karena cabe dari petani sedikit, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Cabe dari petani kebanyakan diserang oleh serangga yang biasanya disebut lalat buah oleh para petani. Sehingga hasil panen dari petani mengalami penurunan, hal ini yang menyebabkan harga cabe menjadi naik.

Harga cabe rawit di pasar grosir Ngronggo Kediri yang tadinya 20 ribu per kilogram, kini naik menjadi 24 ribu per kilo gram. Berbeda dengan cabe besar justru malah turun yang tadinya 40 ribu per kilogram, kini turun menjadi 37 ribu.

Hal ini disebabkan oleh lalat buah yang membuat cabe menjadi cepat busuk. Sehingga pasokan cabe dari petani menurun karena sebagian membusuk karena terserang lalat buah.

Lalat buah tersebut membuat cabe menjadi rontok dan membusuk. Selain dari cabe, lalat ini juga menyerang semangka, timun, belimbing, jeruk, mangga dan tomat.

Awal mula dari cabe yang terserang lalat buah adalah terdapat lubang-lubang kecil di kulit cabe, yang dikarenakan telur dari ulat buah tersebut. Ketika telur menetas akan menjadi larva dan larva ini akan memakan dari daging buah cabai. Sehingga cabai lebih cepat membusuk.

Komentar

Direkomendasikan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar